Belajar Bisnis Property Syariah

Investasi properti syariah adalah salah satu bisnis properti yang sangat menguntungkan saat ini. Ada banyak bisnis properti syariah yang tengah berkembang saat ini, bahkan dapat dikatakan bahwa bisnis properti syariah tengah menjadi bisnis yang banyak di minati.

Tak heran jika bisnis properti syariah tengah berkembang pada saat ini, karena dengan menjalankan bisnis properti syariah anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan didunia saja tetapi juga di akhirat. Pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail dan rinci mengapa anda harus berbisnis properti syariah. Langsung saja mari kita simak bersama-sama.

Kelebihan Bisnis Investasi Properti Syariah

Ada banyak kelebihan yang akan anda dapatkan di dunia maupun di akhirat ketika anda memutuskan untuk mencoba bisnis properti atau perumahan syariah. Berikut kelebihan bisnis investasi property syariah.

  • Tanpa denda, Tanpa Sita dan Pastinya Tanpa Riba

Sesuai dengan prinsip properti syariah yang diterapkan yakni tanpa denda,sita dan riba. Jadi, ketika anda memutuskan untuk ingin melakukan investasi properti syariah, anda tidak perlu khawatir akan gagal. Anda bisa membeli langsung kepada developer baik secara tunai maupun kredit.

Jika anda ingin membeli properti syariah untuk dijadikan bisnis investasi, anda bisa melakukan transaksi langsung tanpa bank kepada developer properti syariah. Anda tidak perlu khawatir atas cicilan tiap bulan yang harus anda bayarkan karena pada transaksi syariah lebih mengutamakan kepercayaan dan kesepakatan dari dua belah pihak.

Tentunya transaksi dalam pembelian properti syariah akan dilakukan secara transparan dan mudah oleh kedua belah pihak baik developer atau anda sebagai pembeli. Kemudahan diwujudkan dengan prinsip yang dipegang yakni tanpa denda. Maksud dari tanpa denda ini adalah ketika anda membeli properti syariah dalam bentuk kredit dan jika di tengah jalan anda tidak dapat melunasinya, anda tidak akan dikenakan denda. Pihak developer properti syariah akan memberikan kemudahan bagi anda dalam menyelesaikan masalah ini hanya dengan memberikan peringatan saja.

Selain itu, bisnis properti syariah juga tanpa sita. Maksudnya adalah ketika misalnya anda berada dalam masalah dan sudah tidak dapat lagi menulasi hutang properti syariah yang dibeli dari developer. Maka, developer tidak akan menyita perumahan syariah yang anda miliki. Developer properti akan membantu anda mengatasi masalah tersebut dengan menjual properti yang anda miliki dan selama properti tersebut masih belum laku anda masih bisa menempati. Ketika properti laku, maka hasilnya akan dibagi antara anda sebagai pembeli dan pihak developer. Developer properti syariah akan mengambil haknya sebesar kredit yang belum terbayarkan dan sisanya akan diberikan kepada anda dan sepenuhnya menjadi hak Anda.

Tidak hanya menerapkan prinsip tanpa denda dan tanpa sita, namun suku bunga yang ditetapkan juga tetap. Tentunya hal ini akan berbeda dengan properti konvensional yang menerapkan bunga mengambang atau bunga bisa berubah-ubah sesuai dengan kebijakann.

Properti syariah tidak melibatkan bank konvensional dalam transaksi apapun, tentunya hal ini juga yang membedakan antara properti syariah dan konvensional. Anda akan mendapatkan keuntungan di akhirat karena bisnis investasi properti syariah tidak melibatkan adanya riba dalam transaksi apapun yang dilakukannya.

ยท         Resiko Bisnis Properti Syariah Rendah

Modal yang dibutuhkan dalam suatu bisnis investasi syariah memang sangat besar, namun dengan dana yang besar anda tidak perlu khawatir rugi. Bisnis properti syariah tidak ada ruginya karena harga properti syariah yang terus meningkat setiap tahunnya.

Sudah pasti anda tidak akan pernah mengalami kerugian ketika menjalankan bisnis properti yang satu ini. Persepsi mengenai modal dana yang besar dalam bisnis ternyata tidak serta merta menjamin bahwa bisnis tersebut juga memiliki faktor resiko yang tinggi. Hal ini dapat anda buktikan dengan menjalankan bisnis properti, memang dana yang dikeluarkan untuk memulai bisnis ini cukup besar namun resiko yang dihadapi tidak sebesar dana yang harus dikeluarkan.

Resiko untuk bisnis properti tergolong cukup rendah karena harga properti cenderung stabil bahkan akan terus mengalami peningkatan. Selain itu,  harga properti juga tidak pernah mengalami penurunan yang sangat drastis. Khususnya bagi sebuah properti yang berlokasi di tempat yang strategis.

Bagi anda yang ingin bisnis yang pasti menjanjikan keuntungan, bisnis properti dapat menjadi salah satu pilihan bisnis yang tepat dan dapat anda jalankan. Bisnis properti dapat dikatakan sebagai suatu bisnis yang pasti menjanjikan keuntungan karena harganya terus meningkat di setiap tahunnya.

  • Keuntungan Bisnis Properti Syariah Besar

Walaupun tidak termasuk dalam suatu bisnis  dengan modal yang murah, namun bisnis properti syariah merupakan bisnis yang menjanjikan prospek cerah karena keuntungan yang didapat juga tidak sedikit.

Jadi, dana modal berbanding lurus dengan keuntungan yang akan anda dapatkan setiap tahunnya dengan adanya kenaiknan harga. Selain itu, anda juga dapat mendapatkan passive income jika mampu mengelola properti syariah yang anda miliki dengan sangat baik jika dijadikan sebagai investasi.

  • Memiliki Prospek yang Cerah

Bisnis properti merupakan bisnis masa depan yang menjamin prospek cerah karena harganya yang terus meningkat. Tak heran jika harga properti terus meningkat, karena memang properti seperti tanah, rumah ataupun bangunan merupakan kebutuhan primer setiap manusia.

Semakin gencarnya pembangunan hunian dan perumahan penduduk yang terjadi seperti pada saat ini juga menyebabkan harga tanah dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan. Tidak hanya tanah, bahkan bangunan seperti perumahan syariah, apartemen dan bangunan lainnya pun banyak dibutuhkan saat ini mengingat banyak sekali cabang usaha atau bisnis yang membutuhkan bangunan sebagai lapak berjualan.

  • Untung Double

Bisnis properti memang tidak akan menjanjikan keuntungan yang cepat, namun ada dua pilihan keuntungan yang dapat dijadikan sebagai pendapatan untuk anda dalam bisnis properti. Anda  bisa memperoleh penghasilan dengan cara disewakan atau dijual merupakan dua pilihan untuk meraup keuntungan dalam bisnis properti.

Tentunya anda akan mendapatkan keuntungan sekaligus besar dalam suatu waktu jika dijual. Hal ini tentunya akan berbeda jika anda menyewakannya, anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih kecil namun rutin setiap tahun atau setiap bulan. Namun, jika anda hendak menyewakannya maka pastikan properti anda berada dalam kondisi yang baik agar masih ada yang menyewa barang properti milik Anda.

  • Bebas Kelola

Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis yang bebas kelola, maka bisnis investasi properti syariah dapat anda jadikan sebagai pilihan yang tepat. Anda tidak memerlukan waktu yag banyak untuk mengelola bisnis ini karena biaya pengurusan. Anda bisa dengan bebas mengelolanya misalnya saja jika anda adalah seorang pemilik tanah, anda bisa menyewakans tanah yang anda miliki untuk digarap menjadi sebuah lahan perkebunan dengan begitu, biaya pengurusanpun akan berkurang.

Cara Agar Keuntungan Bisnis Properti Syariah Melambung Tinggi

Setelah anda mengetahui dan memahami apa saja keuntungan yang akan anda dapatkan ketika menjalankan bisnis properti syariah. Berikut akan kami jelaskan mengenai beberapa tips agar keuntungan bisnis properti syariah maksimal.

  • Bentuk dan Lokasi Properti

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih lokasi dan bentuk dari properti syariah yang tepat. Jika anda ingin keuntungan di setiap tahunnya, maka janganlah anda memilih bisnis properti dalam benutk tanah. Pilihannya anda bisa memilih bisnis properti baik dalam bentuk rumah, bentuk toko ataupun dalam bentuk bangunan yang bisa di sewakan dan menghasilkan passive income yang produktif.

Selain bentuk, pastikan juga anda memilih lokasi properti dengan letak yang strategis, lokasi properti syariah yang strategis sangat menentukan keuntungan bisnis properti yang anda jalankan. Untuk bisnis properti syariah pastikan anda memilih lokasi yang dekat dengan tempat ibadah umat muslim, memiliki akses ke keramaian kota yang mudah dan sebagainnya karena hal-hal tersebut akan mempengaruhi daya jual dari properti syariah yang anda miliki.

  • Promosi

Walaupun property syariah memiliki banyak peminat dan menjadi kebutuhan primer pada saat ini, namuan siapa yang akan tahu produk properti anda jika anda tidak rajin melakukan promosi. Oleh karena itu, pastikan anda melakukan promosi produk properti syariah anda dengan giat baik untuk dijual ataupun hanya untuk disewakan.

Promosi dilakukan untuk membuat tanda bahwa anda sedang ingin menjual atau menyewakan properti yang anda miliki baik dalam bentuk tanah atau rumah. Pada saat akan melakukan promosi, pastikan anda memberikan informasi produk properti anda sedetail dan seengkap mungkin dan jangan lupa juag untuk memberikan kontak person agar lebih mudah untuk dihubungi jika ada yang berminat.

Beberapa hal tentang informasi properti syariah yang harus anda berikan adalah mengenai lokasi, situasi, kondisi, luas ataupun fasilitas. Semakin sabar dan tidak pelit informasi maka akan semakin mudah produk properti syariah anda diminati dan terjual.

Tips Memulai Bisnis Properti Syariah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bisnis property syariah merupakan bisnis yang tidka mengandung unsur bunga riba dalam menjalankannya. Namun, properti syariah dalam hal ini menganut sistem untung rugi atau bagi hasil. Nah, bagi hasil yang dimaksud dalam syariat islam adalah segalah sesuatu yang tidak melibatkan adanya unsur riba dan penipuan keuntungan dari suatu interaksi jual beli. Jadi, antara penjual dan pembeli properti syariah tidak ada yang akan merasa dirugikan ketika bertransaksi.

Bisnis apapun yang berlandaskan pada prinsip syariah wajib untuk menanamkan nilai-nilai atau hukum jual beli yang diatur dalam islam. Oleh karena cara memulai bisnis properti syariah dapat dikatakan gampang-gampang susah karena anda harus paham terlebih dahulu apa itu bisnis properti syariah. . Bagi anda yang tertarik untuk mulai menjalankan bisnis properti syariah. Berikut akan kami jelaskan mengenai beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis properti syariah agar mendapatkan keuntungan yang maksimal di masa depan.

  • Membutuhkan Konsultan Bisnis yang Memegang Prinsip Syariah

Ketika baru pertama kali anda mengenal bisnis properti syariah, langkah awal yang harus anda lakukan mencari konsultan bisnis dalam bidang investasi properti dimana yang bersangkutan memiliki prinsip syariah atau paham seperti apa bisnis properti syariah agar tidak menyimpang. Anda bisa melakukan kerjasama dan berkonsultasi tentang bisnis properti seperti apa yang ingin Anda lakukan dengan konsultan yang anda pilih

Dalam hal ini, konsultan properti syariah memiliki peran besar bagi keputusan yang akan Anda ambil. Secara umum, seorang konsultan bisnis syariah sudah memahami dan tahu betul mengenai alur bisnis yang harus dilakukan secara syariah. Karena untuk memulai bisnis properti syariah Anda harus benar-benar memahami terlebih dahulu ilmu dasar jual beli yang sesuai dengan syariah islam.

  • Sediakan Modal yang Cukup

Cara memulai bisnis properti syariah yang berikutnya adalah menyediakan modal yang cukup. Modal sangat dibutuhkan bagi seorang pembisnis properti syariah, agar Anda bisa memberikan jaminan kelancaran pembangunan unit properti dan menjaga fasum fasosnya kepada customer. Arus kas dalam bisnis properti syariah harus tetap berjalan dari berbagai arah agar anda tidak kehabisan dana.

Ketika hendak menjalankan bisnis properti syariah, anda dapat memberikan persyaratan kredit developer tanpa bunga seperti misalnya dengan menggunakan flat 18 bulan dan maksimal 2 tahun. Jadi, besar nilai cicilan yang harus dibayarkan oleh pembeli adalah harga rumah yang sudah dibagi dengan lamanya angsuran.

Satu hal penting yang harus anda ingat bahwa bisnis properti syariah dijalankan bebas riba oleh karena itu keuntungan yang didapatkan dalam bisnis properti syariah berasal dari nilai jual rumah, bukan berasal dari bunga kredit yang Anda syaratkan agar tidak memiliki unsur riba.

  • Pemilihan Lahan Properti

Poin penting yang wajib anda ketahui ketika menjalankan bisnis investasi properti syariah adalah bisnis properti syariah memiliki sasaran konsumen seorang yang beragama Islam. Jadi, pastikan anda yang mempertimbangan dalam menentukan lahan yang akan Anda gunakan untuk bisnis properti.

Kriteria lahan yang cocok untuk membangun perumahan syariah adalah yang paling penting adalah memiliki kemudahan akses ke rumah ibadah kaum muslim, jauh dari lingkungan yang mengandung unsur haram, dan tidak berlokasi didaerah yang terpencil dengan keamanan minim. Lokasi menentukan harga jual bisnis properti syariah anda nantinya oleh karena itu sebisa mungkin pastikan anda mencari lahan yang dekat perkotaan dengan akses yang mudah.

  • Memenuhi Hal-Hal yang Ada Dalam Perjanjian Syariah

Setelah memilih lahan yang cocok untuk dijadikan sebagai lokasi selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat dokumen-dokumen terkait aspek perjanjian jual beli rumah. Pastikan dokumen perjanjian memuat unsur-unsur seperti spesifikasi teknis, lama pengerjaan serta penjadwalan serah terima sesuai dengan kesepakatan dari kedua belah pihak yakni penjual dan pembeli.

Satu hal yang harus anda ingat adalah dalam bisnis property syariah tidak ada unsur riba dalam transaksi jual beli atau keuntungan sebelah pihak saja. Oleh karena itu, dokumen seperti ini perlu disiapkan sebelum melakukan soft launching.

  • Atur Strategi Soft Launching Perumahan Syariah

Setelah dokumen sudah sepenuhnya siap, maka langkah selanjutnya adalah mengatur startegi untuk soft launching perumahan syariah yang sudah dibentuk. Ketika softlaunching pastikan anda mengatur strategi bagaimana cara promosi yang tepat. Karena anda membangun area perumahan syariah maka anda harus memberikan promosi yang mengedepankan unsur syariah yang ada di dalamnya.

Misalnya seperti seluruh transaksi dalam jual beli rumah harus menggunakan akad yang sesuai dengan skema syariah. Soft launching dapat anda lakukan promosi dengan menggunakan media seperti brosur dan mencantumkan keunggulan basis properti syariah tanpa riba.

Tertarik untuk memulai bisnis properti syariah ? Itulah beberapa keuntungan bisnis investasi properti syariah dan cara memulai bisnis properti syariah yang menguntungkan. Satu hal yang perlu anda ingat yakni keuntungan yang didapatkan dari bisnis properti berbasis syariah bukan berasal dari bunga cicilan atau kredit properti yang dilakukan tetapi berasal dari nilai jual rumah.

Salah Satu Proyek Sobat Pahaji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *