Beberapa Jenis Properti Syariah yang Menguntungkan

Bisnis properti sekarang di pilih sbagai bisnis terhot, Namun orang hanya mengetahui bisinis properti hanya bisa di lakukan develover saja Sebagai pemilik property, misalnya seperti perumahan,kavling dan tanah. ternyata kita juga bisa menjalankan bisnis properti untuk mendapatkan uang, misalnya anda punya rumah yg tidak di tempati anda bisa menyewakan atau mengontrakan-nya.

Bisnis properti yang banyak diminati sekarang adalah bisnis properti syariah. Bahkan banyak developer properti konvesional yang beralih bisnis menjadi bisnis properti syariah. Hal ini karena memang bisnis properti syariah pada saat memiliki banyak peminat, sehingga tak heran jika banyak yang beralih menjadi seorang developer properti syariah.

Pada artikel ini saya akan membahas mengenai berbagai jenis bisnis properti syariah yang bisa dilakukan dan cara menjalankan bisnis properti syariah yang anda pilih. Mari kita simak bersama-sama.

Ragam Jenis Bisnis Properti Syariah yang Dapat Dijalankan

Berikut akan kami jelaskan beberapa jenis bisnis properti syariah yang bisa anda coba jalankan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Bisnis Sebagai Developer Properti Syariah

Pertama kami akan menjelaskan mengenai bisnis properti sebagai developer properti syariah. Bagi anda yang masih belum paham mengenai apa itu developer syariah, tugas developer properti syariah dan keuntungan menjadi developer properti syariah serta bagaimana cara memulai bisnis properti sebagai developer properti syariah.

Pengertian Developer Property Syariah

Seperti yang kita tahu pengembangan proyek properti secara syariah saat ini semakin banyak diminati, baik oleh konsumen maupun oleh seorang pengembang atau developer. Sama seperti develop konvensional, Developer Property Syariah adalah pengembang yang membangun dan memasarkan proyek properti yang sesuai dengan syariat Islam. Jadi yang membedakannya dengan developer properti konvensional terletak pada konsep yang diusungnya, developer properti syariah tidak melibatkan bank sebagai pihak ketiga dalam pengembangannya.

Ciri-ciri Developer Property Syariah

Ketika memiliki rencana untuk membeli properti tentunya hal ini akan menjadi suatu hal  yang mendebarkan bagi sebagian orang, terutama bagi anda yang masih awam dan baru pertama kali melakukan transaksi jual beli properti. Banyaknya kasus penipuan developer properti pada saat ini juga menjadi momok tersendiri. Oleh karena itu, masyarakat haruslah selalu berwaspada ketika melakukan transaksi.

Kebingungan juga akan semakin bertambah ketika anda harus memilih developer yang tepat. Baik itu developer properti syariah maupun developer properti konvensional. Namun bagi seorang muslim, tentu mencari dan memilih developer properti syariah yang benar-benar tepat dan sesuai dengan koridor islam adalah hal utama yang harus dimiliki. Developer properti syariah adalah seorang developer yang menggunakan metode pembiayaan langsung dari developer itu sendiri yakni dengan menggunakan skema pembiayaan yang semuanya merujuk sesuai dengan syariah islam dan tidak menggunakan pihak ketiga.

Berikut beberapa ciri developer syariah yang harus anda miliki ketika anda berniat untuk menjadi seorang developer properti syariah.

  • Adil dan Tidak Merugikan Orang Lain

Sebagai seorang developer pastikan anda menerapkan prinsip yang adil dan tidak merugikan orang lain ketika akan atau sedang melakukan transaksi jual beli properti.

  • Tidak Melibatkan Bank

Developer properti syariah tidak melibatkan bank sebagai pihak ketiga dalam bentuk apapun mulai dari pembiayaan proyek pembangunan hingga pengajuan KPR untuk membiayai konsumen dalam pembelian rumah secara kredit.

  • Tidak Mengenakan Denda, Sita dan Bunga

Developer properti syariah tidak  pernah mengenakan denda bagi para konsumennya ketika telat membayar cicilan rumah. Selain itu, developer properti syariah juga tidak mengenakan sita pada konsumennya yang tidak dapat melunasi hutangnya. Developer properti syariah menetapkan harga jual yang tetap sehingga cicilan yang dibayar tanpa adanya bunga dan tetap setiap bulannya.

Keuntungan Jika Menjadi Developer Property Syariah

Developer properti syariah merupakan salah satu bisnis properti yang banyak diminati pada saat ini. tak heran developer properti syariah diminati karena memiliki banyak keuntungan. Berikut beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan sebagai seorang developer property syariah.

  • Bebas Menentukan Harga Jual Produk

Seorang developer property syariah memiliki keuntungan dalam hal menentukan harga jual produknya, hal ini tentunya berbeda dengan agen property syariah. Dengan menjadi seorang developer property syariah anda bisa menetapkan harga jual property sesuai dengan keinginan anda sesuka hati.

Oleh karena itu, pastikan anda memperhatikan biaya-biaya yang sudah dikeluarkan dan margin keuntungan yang ingin anda dapatkan terlebih dahulu untuk bisa menentukan harga jual produk properti syariah. Dalam penentuan harga jual tidak ada yang mengatur dan membatasi kehendak developer property syariah untuk menentukannya.

  • Developer Property Syariah Bebas Menentukan Desain Produknya

Selain mengenai harga jual, developer property syariah juga dapat menentukan  konsep desain yang akan diterapkan pada produk property yang dimilikinya sesuai dengan keinginan anda. Dengan bebas menentukan desain produk property syariah, maka hal ini dapat anda jadikan sebagai salah satu strategi yang bisa dilakukan oleh developer property syariah untuk menarik hati para konsumennya.

Agar bisa menarik perhatian konsumen, pastikan anda membuat desain yang unik dan mengikuti trend desain property syariah yang sesuai dengan apa yang lagi hits seperti pada saat ini dan sesuai dengan trend yang sedang kekinian di kalangan masyarakat. Namun, pastikan anda juga memperhatikan kenyamanan untuk pemiliknya walaupum harus mengikuti trend desain rumah syariah yang sedang hits dan kekinian pada saat ini.

  • Serahkan Desain Proyek Property kepada Arsitek yang Berpengalaman

Bagi anda  seorang developer property yang tidak memiliki keahlian, tidak usah khawatir karena anda bisa meminta bantuan dengan ahlinya yakni menggunakan jjasa arsitek untuk mendesain produk property yang nyaman dan sesuai dengan trend yang ada pada saat ini.

Seorang arsitek yang sudah memiliki pengalaman yang luas pastinya sudah tahu dan mengerti faktor-faktor desain seperti tren yang sedang digandrungi masyarakat serta bagaimana cara mendesain produk property dengan baik dan memperhatikan. Mereka akan mendesain sesuai dengan segmentasi pasar yang dibidik serta kearifan lokal yang ada di suatu kawasan atau daerah yang menjadi lokasi dimana perumahan syariah berada.

  • Bisa Menjadi Developer Property Syariah Tanpa Bank

Walaupun modal yang dibutuhkan cukup besar untuk bisa menjadi seorang developer property syariah, namun anda tidak perlu khawatir karena anda bisa memulai bisnis untuk menjadi seorang developer property syariah tanpa campur tangan bank untuk bisa mendapatkan modal dana pembangunan proyek perumahan awal.

Investor memiliki peranan yang sangat penting dalam hal ini, jadi Anda bisa melakukan strategi pinjaman dari investor, kerabat dan keluarga. Selain itu, anda juga mengatur strategi dalam penetapan uang muka atau DP yang harus dikenakan kepada konsumen sebagai modal awal proyek pembangunan. Dengan begitu, anda tidak perlu mengajukan pinjaman kepada pihak bank yang menerapkan bunga riba untuk membangun proyek property sebagai developer property syariah.

Bisnis Properti Syariah Modal Kecil Sebagai Marketing dan Agen Property Syariah

Marketing Property Syariah

Bagi anda yang ingin memulai bisnis properti tanpa modal yang cukup besar, anda bisa mencoba jalankan bisnis properti tanpa modal atau hanya membutuhkan sedikit modal. Berbeda dengan developer, untuk bisa memulai bisnis properti tidak selalu harus membeli sebuah properti untuk dijual kembali. Anda juga bisa menjalankan bisnis properti dengan modal sedikit atau bahkan tanpa modal dengan cara menjadi agen Marketing properti.

Menjadi agen Marketing property syariah juga sangat sederhana, tugas anda sebagai Marketing hanya perlu mencari properti yang dijual di sekitar Anda dan belum diiklankan. Setelah itu, anda bisa langsung menghubungi pemilik rumah untuk menawarkan diri sebagai Marketing atau seorang perantara penjualan. Nah, jika penawaran anda disetujui oleh pemilik rumah yang akan menjualnya, maka anda bisa membuat iklan atas nama Anda untuk memasarkan rumah tersebut.

Anda bisa memasarkannya secara online melalui iklan internet atau bisa juga secara online dengan membuat banner, iklan di koran, poster dan sebagainya. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan berbagai situs yang sudah banyak tersedia pada saat ini di internet yakni situs jual beli properti seperti OLX, rumah123, dan sebagainya.

Tertarik dengan Reward di atas?

Jika rumah berhasil terjual atas nama anda, maka biasanya Anda akan memperoleh komisi yang bergantung pada harga jual rumah dari pemilik rumah sesungguhnya. Umumnya, komisi yang akan anda peroleh Marketing agen properti adalah sebesar 2,5% dari harga jual rumah. Cukup lumayan besar bukan, anggap saja harga rumah yang terjual adalah sebesar Rp1 miliar, maka Anda akan memperoleh komisi sebesar Rp25 juta. Dan keuntungan dari komisi ini dapat anda peroleh tanpa harus membutuhkan modal besar, bahkan bisa tanpa modal.

Tips Sukses Menjadi Marketing Properti Syariah

Seperti yang kita tahu, ketika perkembangan bisnis di berbagai sektor sudah sebegitu pesat, tak jarang kemudian muncul peluang usaha baru yang nyatanya kalah menjanjikan dibandingkan dengan usaha bisnis konvensional yang sudah ada salah satunya adalah bisnis Marketing property syariah.

Dalam bidang bisnis properti, menjadi seorang Marketing properti adalah pilihan baru profesi yang ecara umum tidak membutuhkan terlalu banyak persyaratan dan modal, namun tetap menawarkan keuntungan yang besar. Walaupun tidak mensyaratkan banyak hal, bukan berarti bisnis yang satu ini muncul tanpa adanya tantangan yang harus dihadapi. Dalam celah bisnis, Marketing properti tetap dibutuhkan beberapa usaha dan tantangan misalnya seperti jaringan, kemampuan marketing serta keberanian.

Nah, bagi anda yang berminat untuk menjadi Marketing properti syariah sebagai peluang usaha, berikut kami sajikan beberapa tips yang dapat membantu untuk memperlancar upaya penjualan properti Anda hingga mencapai kesuksesan.

  • Giat Mempelajari Trik Menjadi Marketing Properti

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin menjadi seorang seorang Marketing properti yang sukses adalah selalu mempelajari segala hal yang terkait dengan dunia properti. Terutama bagi Anda pemula yang masih baru mengenal bisnis ini. Anda harus lebih rajin lagi untuk menggali ilmu dan informasi terkait objek properti, proses marketing serta hal-hal lain yang masih berhubungan dengan bisnis Marketing properti ini.

Secara umum informasi yang wajib anda kuasai yakni berkaitan dengan jenis properti syariah itu sendiri. Mengenai beberapa jenis properti syariah yang bisa anda jadikan sebagai bisnis, ada beberapa jenis properti seperti rumah tinggal, gedung, kantor, ruko, apartemen hingga objek properti berupa tanah. Dari informasi tersebutlah anda bisa mengaitkannya dengan perkembangan harga dari setiap jenis unit objek properti yang akan anda tawarkan kepada konsumen.

  • Marketing Properti Syariah Harus Menggali Pengalaman

Sama halnya dengan jenis bisnis yang lainnya, tentunya anda membutuhkan pengalaman yang cukup untuk bisa meraih kesuksesan dalam usaha bisnis Marketing properti syariah. Hal terpenting yang bisa anda lakukan adalah dengan menggali atau mempelajari pengalaman pelaku bisnis properti yang sudah sukses.

Untuk bisa menjadi Marketing properti sebelumnya anda bisa mencari pengalaman dengan menjadi agen properti yang bekerja sama dengan perusahaan pengembang properti syariah terlebih dahulu. Biasanya beberapa perusahaan developer properti syariah juga akan menawarkan program referral, kesempata ini dapat anda manfaatkan untuk menjadi mitra perusahaan tersebut dalam hal pemasaran objek properti. Dengan melakukan kerjasama secara profesional dengan perusahaan tentunya akan memberikan banyak keuntungan terutama dari segi pengalaman yang bisa kita terapkan nantinya ketika kita memulai usaha secara mandiri.

Namun, apabila anda ingin masuk dalam jaringan perusahaan developer property syariah  tersebut terdapat beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi untuk beberapa broker properti skala besar. Namun anda tidak perlu khawatir, poin terpenting yang harus anda miliki ketika dunia bisnis jual beli properti kita wajib mempunyai kepercayaan diri yang tinggi disamping juga kemampuan pemasaran yang baik.

  • Perkaya Listing Jaringan

Selanjutnya poin penting ketika anda ingin menjadi Marketing properti syariah adalah selalu aktif mengembangkan daftar jaringan bisnis. Kita dituntut untuk selalu sigap dan awas memantau perkembangan bisnis atau peluang yang ada di sekitar kita seperti Marketing bisnis properti pada umumnya. Tentunya akan lebih mudah bagi kita untuk menemukan objek properti yang mungkin sedang dijual ketika kita sudah mempunyai jaringan yang luas.

Setelah mengetahui adanya peluang dan memiliki jaringan yang luas, langkah selanjutnyayang harus anda lakukan adalah segera menjembatani proses penjualan properti tersebut. Semakin cepat anda bergerak untuk melobi sang penjual plus didukung strategi pemasaran yang mantap, maka menjalani seorang Marketing properti yang sukses tentu dapat anda raih dengan mudah.

  • Marketing Properti Syariah Harus Memanfaatkan Teknologi

Tips menjadi Marketing properti sukses yang terakhir mungkin sudah terdengar cukup umum. Seiring dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi internet pada saat ini, maka sebagai Marketing properti anda wajib mengikuti dan memanfaatkan perkembangan tersebut dengan semaksimal mungkin.

Anda bisa melakukan transaksi Marketing properti syariah dengan mudah, baik proses pencarian maupun penawaran objek properti melalui fasilitas internet. Anda bisa mencari objek yang sedang dijual lewat beragam situs seperti media sosial, forum online maupun situs-situs khusus yang memang diperuntukkan dalam bisnis jual beli properti yang ada pada saat ini. Namun pastikan anda tetap waspada dan memperhatikan adanya kemungkinan resiko penipuan online yang bisa saja menimpa Anda.

Menjadi Agen Property Syariah

Selain menjadi Marketing properti mandiri, Anda juga bisa menjadi agen properti yang handal dan profesional di berbagai kantor agen properti yang ada pada saat ini misalnya seperti Century 21, ERA, Ray White, dan masih banyak lagi.

Anda akan mendapatkan keuntungan ketika memutuskan untuk bergabung menjadi agen properti. keuntungan agen properti syariah yang akan anda dapatkan adalah Anda akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari pelatihan untuk menjadi agen properti profesional. Selain itu, Anda juga akan memperoleh informasi terkini dan terbaru mengenai properti yang bisa dijual.

Dengan begitu anda bisa memperoleh komisi (walaupun biasanya keuntungan komisi ini akan dibagi dengan kantor agen properti tempat anda bekerja) saat berhasil menjual properti. Menjadi agenp property syariah dapat anda jalankan tanpa modal dalam hal ini.

Itulah beberapa jenis bisnis properti syariah yang bisa anda coba jalankan, selamat mencoba dan semoga sukses. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *